Lalu lalang kota Yogyakarta sore itu terlihat lancar, di sudut pertigaan lampu merah Jalan Kolonel Sugiono dan Jalan Sisingamangaraja terlihat warung kecil yang dikerumuni banyak orang. Tidak ada papan nama atau tanda yang mengenalkan warung tersebut, sekilas seperti warung jajanan kaki lima pada umumnya.

Setalah masuk ke warung, terlihat seorang ibu dibantu dengan beberapa pegawai perempuan sedang memasak kuah berwarna kemerahan. Warung ini terkenal dengan menu andalannya Sop Merah. Dikutip dari jogjarasa.com warung ini sudah ada sejak tahun 1993, beberapa mahasiswa dari luar daerah pasti tidak asing dengan Sop Merah. Warung ini dibuka dari jam 4 sore sampai persediaan habis.

sipenyugunung.wordpress.com

sipenyugunung.wordpress.com

Saat membeli di warung ini kita akan mendapatkan nomor antrean, karena saking banyaknya pembeli yang datang. Untuk menikmati Sop Merah, kita juga harus sabar menunggu. Karena jika kita mendapatkan antrean belakangan bisa-bisa makanan akan datang sekitar 45 – 60 menit. Meskipun banyak pembeli yang harus menunggu lama, tempat ini selalu ramai.

Sop Merah Mangkok

Sop Merah di warung ini memiliki rasa pedas dan gurih dengan isian telur rebus, wortel, kol dan ayam. Menu Sop Merah di warung ini juga membebaskan pembeli untuk menambah isiannya seperti, ceker, kepala ayam, balungan, hati, dan ampela.

Untuk menyantap 1 porsi Sop Merah, pembeli akan dikenakan harga Rp 12.000. Harga tersebut juga tergantung tambahan isian yang kita makan. Untuk kamu yang suka jalan-jalan ke kota Yogyakarta jangan lupa mampir ke warung ini sebagai tujuan wisata kulinermu.