Kopi merupakan bahasa universal. Lain negara lain juga penyajian kopinya. Jika di Indonesia ada olahan kopi khas Medan atau khas Aceh, maka begitu pun di negara lain. Menggunakan berbagai macam campuran khas, kopi pun dihidangkan dengan cara yang unik dan punya sebutannya sendiri. Mau tahu racikan kopi di negara lain?  Ini dia 9 racikan kopi khas dari 9 negara :

 

Café Au Lait, Prancis

cafeaulaite-lahaapcom

http://lacocotte.nordblogs.com

Café au lait berasal dari bahasa perancis yang artinya “kopi dengan susu”. Minuman yang berasal dari Paris ini cukup digemari oleh pecinta kopi di berbagai tempat. Ciri khas yang membedakan minuman ini dengan minuman perpaduan kopi dan susu dari negara lainnya adalah café au lait itu umumnya memakai kopi yang level sangrainya gelap (french roast), lalu disajikan bukan dengan cangkir, melainkan mangkuk. Café au lait cocok sekali jika dinikmati bersamaan dengan roti Prancis. Yummy!


 

Kaapi, India

kaapi-lahaapcom

http://www.thebetterindia.com

India memiliki minuman khas berbahan dasar kopi tersendiri yang dinamakan kaapi. Tepatnya berasal dari selatan India (Tamil). Cara pembuatan kaapi bisa dibilang lumayan modern. Untuk membuatnya, mereka menggunakan filter coffee (penyaring kopi) berbahan stainless steel, serupa dengan dripper dari Vietnam. Bila sudah mendapatkan “sari kopi”, kemudian siapkan susu yang dipanaskan dan ditambahkan dengan bubuk Chicory—tanaman liar di India yang memiliki bunga berwarna biru—yang akan membuat kopinya yang diseduh terasa kecokelatan dan agak pedas. Selain menggunakan bahan baku tradisional, kaapi juga memiliki tehnik penyajian yang berbeda, yaitu dengan cara saling menuangkan kopi dari dua tempat berbeda, yang satu berbentuk gelas, yang satunya berbentuk seperti saucer namun bentuknya lebih tebal. Melalui proses penuangan inilah terbentuk kekhasan kaapi dengan buih susu yang tebal. Proses penuangan pada dua tempat tersebut mirip seperti Kopi Tarik khas Aceh.


 

Irish Coffee, Irlandia

irishcoffee-lahaapcom

https://www.nespresso.com

Sebenernya minuman ini bisa dikategorikan sebagai cocktail. Irish Coffee Dibuat dari kopi panas, gula, danIrish whiskey.


 

Wiener Mélange, Austria

WienerMélange-lahaapcom

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Istilah wiener mélange berasal dari bahasa Jerman yang berarti minuman campuran seperti cappuccino dari Wina, Ibukota Austria. Tidak sedikit orang yang menyebutnya sebagai cappuccino dari Wina. Konon, minuman campuran berbasis espresso dari Italia yaitu cappucinno, sebenarnya terinspirasi dari wiener mélange ini. Dalam penyajiannya, wiener mélange menggunakan kopi yang mild ditambah busa susu yang tebal pada bagian atasnya. Ada juga yang tidak menggunakan susu, tetapi menggunakan whipped cream (krim kocok). Rata-rata rasio yang digunakan antara espresso dengan susu adalah 1:3.


 

Cafezinho, Brazil

cafezinho-lahaapcom

http://www.maria-brazil.org

Hora de cafezinho! adalah kalimat yang akan sering Anda dengar bila sedang berkunjung ke Brazil. Biasanya kalimat tersebut dilontarkan pada siang hari atau pada jam istirahat kerja. Artinya adalah “Saatnya kita minum kopi!” Cafezinho (baca: kafezinyo) merupakan minuman khas berbahan kopi bagi penduduk Brazil. Cafezinho di masyarakat Brazil-Portugis itu berarti “kopi mungil”. Disebut seperti itu karena cafezinho disajikan dalam porsi kecil. Penyajiannya serupa dengan kopi tubruk, perbedaannya terletak pada saat menambahkan gula sebagai pemanis.

Awalnya, panaskan air sekitar 300 ml, lalu tuang gula sekitar 2 sendok makan sesaat sebelum mendidih. Bila sudah muncul sedikit gelembung panas, langsung saja tuang bubuk kopi, biasanya robusta, kurang lebih 4 sendok makan. Diamkan beberapa saat, kurang-lebih 30 detik. Angkat dan tuang menggunakan penyaring berbahan kain khas Brazil. Voila! Cafezinho siap dinikmati. Cafezinho bagi orang Brazil jauh lebih enak bila dinikmati pada saat tidak begitu panas, dan di Brazil sana, biasanya diminum dengan gelas plastik.


 

Buna, Ethiopia

buna-lahaapcom

http://www.aiic2015assembly.org

Buna merupakan istilah yang digunakan orang Ethiopia untuk menyebut kopi. Sebagai tempat di mana kopi tumbuh pertama kali, orang Ethiopia sangat akrab dengan kopi. Hingga akhirnya ada istilah masyhur, Buna dabo naw, yang berarti kopi adalah roti kami. Tidak seperti masyarakat lain yang mayoritas penduduknya terbiasa meminum kopi cepat saji atau instan, penduduk Ethiopia sudah terbiasa dengan ritual menyangrai, menumbuk, dan memasak kopi mereka dahulu sebelum mencicipinya. Masyarakat Ethiopia menyangrai kopinya menggunakan wajan, walaupun warna yang didapatkan kurang merata, kopi yang mereka sangrai tidak sampai gosong. Kemudian mereka menumbuk biji kopi yang baru saja disangrai pada lumpang khas Ethiopia yang terbuat dari kayu. Setelah biji kopi menjadi halus, bubuk kopi tersebut di masukan ke dalam ceret kemudian ditambahkan air, lalu dipanaskan di atas bara api. Ritual ini juga dilakukan sebagai sebuah penghormatan terhadap tamunya. Ada yang mau mencoba?


 

Pharisaer, Jerman

Pharisaer-lahaapcom

http://www.charlottepackaging.com

Warga Jerman sangat tahu membuat kopi jadi penghangat tubuh yang maksimal. Kopi pun dicampur dengan dua ons rum di dalamnya. Campuran kopi, rum dan gula secukupnya, dan makin istimewa dengan taburan whipped cream di atasnya. Jadilah sajian olahan kopi nikmat Pharisaer yang menggoda!


 

Kaffeost, Finlandia

kaffeost-lahaapcom

https://41.media.tumblr.com

Kebayang nggak sih makan keju dicampur dengan kopi? Bila Anda sempat tinggal atau singgah di negara penghasil telepon seluler kenamaan, Nokia, tentu tak asing lagi dengan hal tersebut. Di Finlandia sudah menjadi hal yang lumrah minum kopi sambil makan keju, atau sebaliknya, yang dikenal dengan kaffeost. Awalnya kebiasaan ini berasal dari Finlandia Utara, tepatnya di kota Rovaniemi. Kaffeost bisa disajikan dengan 2 macam cara penyuguhan: Pertama, penyajian dalam bentuk makanan. Kopi dan keju dicampur, lalu ditambahkan susu kambing atau susu sapi yang direbus hingga mengeras, kemudian dipanggang dalam oven. Kedua, penyajian dalam bentuk minuman, yaitu potongan keju seukuran dadu dimasukkan ke dalam secangkir kopi hitam untuk dinikmati. Dan, nyam, nyam, nyam… sepertinya lezat.


 

Cafe des Epices, Maroko

CafedesEpices-lahaapcom

https://asideofsweet.com

Kopi yang dicampur dengan macam-macam rasa, seperti jahe, biji pala, kayu manis, merica hitam, wijen, cengkeh, dan lain-lain – tergantung pemilik cafe.


 

CafeBonbon, Spanyol

cafebonbon-lahaapcom

Foto: http://flickr.com

Perpaduan yang manis dan seimbang antara espresso dan susu kental manis. Aslinya berasal dari Valencia. Cara penyajiannya adalah dengan menuang espresso terlebih dahulu, baru susu kental manisnya. Karena susu kental manis memiliki densitas yang lebih berat, dia akan turun ke bawah. Jadi, espresso berada di lapisan atasnya.


 

Turk Kahvesi, Turki

turkkahvesi-lahaapcom

Foto: http://www.wikihow.com

Penyajian kopi di Turki cukup unik, berdasarkan peribahasa disana yaitu secangkir kopi haruslah “sehitam neraka, sekuat kematian dan semanis cinta”. Kopi di Turki disajikan dari sebuah teko bergagang panjang yang dikenal dengan nama Cezve. Masyarakat Turki biasanya menikmati kopi setelah makan siang atau malam.

Wah ternyata banyak banget ya cara penyajian kopi. Setiap negara punya keunikan tersendiri.
Kalau kamu suka yang mana? Mari ngopi!.
Sumber: http://bincangkopi.com/mengenal-racikan-kopi-dari-seluruh-dunia-bagian-1
http://www.halomoney.co.id/blog/5-olahan-kopi-nikmat-dari-berbagai-negara-di-dunia