1. House of Raminten
raminten-lahaapcom

Foto: jogjavacation.com

Tempat wisata kuliner ini menjadi bukti bahwa menu tradisional bisa disajikan dengan cara yang elegan dan berkelas. House of Raminten merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing. Arsitektur rumah makan ini terbilang luar biasa. Kamu bisa menemukan sebuah kereta kuda di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya kamu bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seakan belum lengkap, kamu akan makan diiringi dengan gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan ini. Selain arsitektur dan menunya, pelayan di sini juga memakai pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika kamu membutuhkan sesuatu.

Alamat: Jl. FM Noto No. 7 Kotabaru, Yogyakarta

Sumber: http://anekatempatwisata.com

 

  1. Kedai Rakjat Djelata – Coffee Shop & Indonesia Food
kedairakyatjelata-lahaapcom

Foto: travelspromo.com

Kalau kamu butuh suasana yang beda dan suka sama yang vintage, Kedai Rakjat Djelata bisa menjadi pilihan kamu untuk bersantap di Jogjakarta. Kamu bisa melihat berbagai koleksi kuno seperti uang kertas jaman kolonial, piring-piring kuno, panci, foto hitam putih serta sepeda ontel di Kedai Rakjat Djelata. Selain itu para waitress yang melayani juga sudah pasti memakai pakaian jawa seperti kebaya atau blangkon. Karena mengusung konsep vintage, kamu juga bisa mendapatkan diskon kalau memakai atribut/pakaian tempo dulu yang tentu saja tujuannya untuk melestarikan budaya jawa tempo dulu. Makanan serta minuman yang ditawarkan di Kedai Rakjat Djelata cukup banyak dan tentu saja hampir sebagian besar menunya sudah pasti menu-menu masakan yang sejak dulu merupakan makanan murah meriah ala Rakjat Djelata. Makanan dan minuman yang disuguhkan oleh Kedai Rakjat Djelata biasa dijual di Angkringan atau Gerobak Nasi Rakjat Jogjakarta seperti Batjeman Iwak Ajam (Bacem) & Jeroan Sapi, Sambel Goreng Morosepoeh. Menu lainnya seperti Endog Doedho yang konon katanya sangat langka dan jarang dikenali generasi masa kini. Endog Dudho adalah telur berbumbu kecap manis, brambang goreng dan serundeng pedas yang berbumbu rempah jawa, ebi dan didadar bersama nasi putih didalamnya merupakan masakan kesukaan sunan imogiri. Atau siapa yang tidak tau sarden, yang ternyata juga merupakan menu masakan sederhana yang kemudian dikalengkan oleh para kompeni dan tionghoa yang datang ke Indonesia. Sedangkan untuk minuman kamu bisa mencicipi kopi jawa yaitu kopi tubruk asli tanah jawa. Penasaran dengan masakan tempo dulu khas Jawa selain Gudeg, Kedai Rakjat Djelata tentu bisa memberikan kamu cita rasa dan pengetahuan tentang kuliner khas Jawa tempo dulu.

Alamat: Jl. Dr. Sutomo No.54, Kota Yogyakarta,

Sumber: travelspromo.com

 

  1. The Captain Urban Lounge
thecaptain_lahaapcom

Foto: ratnanene.blogspot.com

Mau cari suasana beda lagi selagi menghabiskan liburan di Yogyakarta. Kamu bisa mencoba The Captain Urban Lounge. Konsep yang ditawarkan lounge ini cukup menarik. Kamu bisa memesan makanan/minuman lalu berfoto selfie di kokpit pesawat. Tempat ini mengusung tema hangar pesawat dan segala sesuatu tentang pesawat terbang. Bangku-bangku yang dipergunakan merupakan bangku pesawat terbang, setelah puas makan dan minum kamu pun bisa menuju kokpit pesawat. Makanan yang ditawarkan di lounge ini antara lain aneka sandwich dan pasta. Sedangkan untuk minuman selain minuman blended, bir dan cocktail juga tersedia disini.

Alamat: Jl. Sunan Ampel No.41, Sleman

Sumber: Sumber: travelspromo.com

 

  1. Mie Telap 12
mietelap12-lahaapcom

Foto: sorotjogja.com

Untuk info kuliner jogja atau tempat kuliner di jogja yang ke empat ini adalah sebuah tempat makan yang sangat kreatif. Pasalnya di tempat kuliner di jogja Mie Telap 12 ini akan menyajikan menu mie seperti yang ada di gambar bungkus mie instan yang biasa kita masak di rumah. Dengan kata lain kamu akan mendapatkan sajian mie instan seperti halnya yang ada pada bungus mie instan tersebut. Misalkan saja kamu ingin memakan mie instan dengan rasa rendang, maka mangkuk kamu akan lengkap dengan menu atau lauk tambahan seperti daging rendang seperti yang ada pada bungkus. Tidak hanya itu saja di tempat kuliner di jogja Mie Telap 12 ini kamu juga bisa menikmati soda dan juga milk shake.

Alamat: Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

Sumber:

 

  1. Bong Kopitown
bongkopitown-lahaapcom

Foto: yogyakarta.panduanwisata.id

Bong Kopitown merupakan salah satu tempat wisata kuliner berkonsep penjara di Yogyakarta. Bangunan dibuat menyerupai penjara lengkap dengan sekat jeruji besi di setiap ruangan. Kamu bisa melihat sipir penjara yang berdiri di balik meja kasir dan narapidana yang hilir mudik mengantar pesanan ke setiap meja makan. Beberapa menu kamulan yang ditawarkan di sini antara lain kopi tetes, sapo tahu, Penang fried noodle dan rendang spicy noodle. Begitu duduk di kursi, jangan kaget jika Kamu akan didatangi pelayan yang menyodorkan selembar ‘koran’ yang ternyata berisi daftar menu dan sejarah berdirinya rumah makan.

Alamat: Jalan Sagan Kidul No. 4 (seberang lembaga Indonesia Perancis/sebelah hotel

Sumber: http://anekatempatwisata.com

 

  1. Legend Coffee & Resto
legend-lahaapcom

Foto: minumkopi.com

Legend Coffee merupakan cafe yang unik karena selain buka selama 24 jam, Legend Coffee merupakan cafe pertama di Jogja yang mengusung konsep cafe dengan permainan. Sesuai dengan tagline yang diusungnya, The 24/7 Games Cafe, cafe ini dilengkapi dengan berbagai macam permainan seperti x-box, nintendo wii, billiards, jumbo carom, kartu. Atau untuk menguji ketangkasan tangan kamu juga bisa bermain darts games, pin ball, table soccer, ball hockey water and sky bersama teman-teman kamu disini. Menu yang ditawarkan di Legend Coffee juga beragam yang terdiri dari masakan western dan juga hidangan lokal seperti roti bakar, pisang bakar, mendoan, pempek untuk citarasa lokal, atau chicken wings dan berbagai macam sandwich untuk hidangan western. Untuk menu utama masakan indonesia, Legend Coffee menawarkan berbagai macam menu nasi goreng, penyetan dan sop. Kamu juga bisa menikmati berbagai jenis masakan pasta, pizza atau steak untuk menu western. Sesuai dengan namanya, Legend Coffee juga menawarkan berbagai jenis kopi latte dan minuman soda. Kamu juga bisa bersantai menikmati hidangan yang disediakan di Legend Coffee dengan menikmati musik live akustik tiap hari Rabu mulai dari jam 7-10 malam.

Alamat: Jl. Abu Bakar Ali No. 24, Kota Baru

Sumber: travelspromo.com

 

  1. Cat and Coffee
catcoffee-lahaapcom

Foto: cupcakerinamutz.blogspot.com

Buat kamu cat lover, Cafe Cat and Coffee bisa menjadi opsi kamu buat bersantai dan bermain dengan kucing. Mengusung tema cafe yang unik, Cafe Cat and Coffee adalah cafe yang diperuntukkan untuk para penyayang kucing karena kalian bisa bermain dan berfoto dengan kucing-kucing yang menggemaskan.Karena cafe ini merupakan cafe yang diperuntukkan untuk cat lover, tentu saja ada beberapa peraturan yang harus kamu lakukan untuk kenyamanan kucing yang ada di cafe ini. Seperti kamu wajib mencuci tangan, dilarang memegang kucing terlalu erat, tidak boleh mengganggu kucing yang sedang makan dan dilarang memfoto kucing dengan kamera flash menyala. Untuk kucing yang berada di cafe ini, kamu tidak perlu khawatir karena tentu saja kucing yang berada di Cat and Coffee terjamin kebersihannya, bahkan kucing yang mengantuk akan dikeluarkan dari area cafe ke area istirahatnya. Cat and Coffee menyajikan berbagai macam minuman seperti kopi, berbagai jus dan roti bakar. Dengan design tempat yang stylish dan unik, Cats and Coffee bisa menjadi tempat kamu untuk berkumpul dengan teman-teman dan tentu saja bermain dengan kucing.

Alamat: Jl. Bougenville (Selokan Mataram), Gejayan

Sumber: Sumber: travelspromo.com