Tteokbokki adalah makanan yang berasal dari Korea, yang spesial dari tteokbokki adalah sausnya atau yang biasa disebut gochujang, rasa pedas khas tteokbokki ini dijamin akan membuat anda ketagihan. Kekentalan yang dihasilkan dari campuran tepung ketan inipun mampu membuat lidah kita merasakan sensasi makan saus yang begitu menggiurkan. Belum lagi taburan daun bawang atau seledri dan biji wijennya yang menambah cantik dari sajian tteokbokki ini. Berikut cara pembuatannya:

Bahan Kue Beras (Garaetteok) Resep Tteokbokki :

  1. 250 gram Tepung Beras Protein Sedang (Segitiga Biru atau Cakra Kembar)
  2. 2 sendok makan Tepung Tapioka (Merek Pak Tani/Rose Brand)
  3. Air secukupnya
  4. Minyak Goreng/Sayur secukupnya (Untuk membuat Adonan Kalis/Tidak Lengket)
  5. Sosis atau Bakso atau Fillet Ayam (Sesuai Selera)

Bahan Saus Resep Tteokbokki (Gochujang) :

  1. 7 buah cabe merah keriting
  2. 5 buah cabe rawit merah
  3. 1 butir bawang putih
  4. 1 sdm gula pasir
  5. 1 sdm kecap asin
  6. 1 sdm air cuka
  7. 1 sdm tepung ketan (Rose Brand)
  8. 3 sdm saus cabe botolan (Sasa, ABC, Indofood)
  9. 1 sdm cabe bubuk
  10. Air secukupnya

Taburan Resep Tteokbokki :

  1. 1 helai daun bawang iris menyamping (Sesuai Selera)
  2. Daun Seledri (Sesuai Selera)
  3. Wijen Sangrai (Secukupnya)

Cara Membuat Resep Tteokbokki :

  1. Campur bahan kue beras (garaetteok), tambahkan air sedikit demi sedikit sampai kalis/ tidak lengket. Jika sudah kalis/ tidak lengket, bentuk adonan  panjang lurus. Potong-potong sesuai selera (boleh memanjang/ menyamping), lalu oles minyak agar tidak lengket. Setelah siap, rebus hingga matang (mengapung) kemudian tiriskan.
  2. Haluskan/ blender semua bahan saus (gochujang). Tingkat selera pedas tiap orang berbeda, jadi jumlah cabai yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
  3. Panaskan minyak, dengan menggunakan api kecil kemudian tumis saus (gochujang) hingga harum. Kemudian masukkan kue beras (garaetteok) ke dalam tumisan saus, aduk hingga rata dan kuah mengenta.
  4. Sangrai wijen hingga berubah warna putih gading
  5. Sajikan Kue beras (garaetteok) dengan siraman saus (gochujang), taburi irisan daun bawang dan seledri, serta biji wijen. Sajikan hangat-hangat.

Resep Tteokbokki ini untuk dibuat sekali masak dan sekali makan. Jadi jika anda ingin membuat lebih banyak tinggal seimbangkan bahan serta bumbunya saja. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika anda membuat banyak untuk persediaan. Maka jangan lupa kue beras (garaetteok)nya harus disimpan di dalam freezer, sausnya juga disimpan di dalam lemari es.

Dan dalam menikmati sajian inipun akan lebih enak saat disantap dalam keadaan hangat, atau dapat mengunakan hotplat untuk tetap menjaga panasnya. So, harus cepat-cepat dimakan sealagi hangat ya.

Sumber : http://saturesep.com/resep-tteokbokki-lezat-ala-korea-2/