Makanan khas Korea yang satu ini cukup sederhana sepintas terlihat seperti Sushi makanan khas Jepang. Sama-sama menggunakan nasi, sama-sama menggunakan rumput laut sebagai pembungkusnya dan memiliki isian di tengahnya. mungkin anda hampir tidak bisa membedakan mana yang Kimbab dan mana yang Sushi.
Namun,  kimbab terlihat lebih tipis dibandingkan dengan potongan sushi. Dan Kimbab juga lebih lebar dari gulungan Sushi. Dan jika Sushi identik dengan isian dari bahan bahan seperti Kani atau daging kepiting, ikan salmon, dan alpukat, Kimbab lebih cenderung pada isian sayuran seperti lobak, wortel. Selain itu, bahan yang lain hampir sama. Termasuk penggunaan rumput lautnya.
Berikut adalah cara membuat Kimbab yang bisa anda lakukan di rumah. Selamat mencoba.
Kimbap (김밥)
by Ricke Indriani
Hasil 5-6 rolls (tergantung ketebalan nasi)

Bahan rice roll:
450 gram nasi
1,5 sdm minyak wijen
1 sdt garam
5-6 lembar kim/nori ukuran sekitar 18×21 cm
Minyak wijen untuk olesan
Wijen sangrai untuk taburan
Bamboo mat (penggulung sushi) untuk membantu menggulung dan mengencangkan gulungan.

Bahan isi:
250 gram daging ayam fillet atau daging sapi, potong-potong memanjang (bisa juga pakai tuna kalengan atau crabstick)
1 siung bawang putih, haluskan
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
1 sdt minyak wijen
1 sdt gula pasir
Garam dan merica secukupnya

  • campur daging ayam/daging sapi dengan semua bumbu, aduk rata dan marinade selama 15 menit. Tumis dengan sedikit minyak goreng hingga matang.
  • 3 butir telur, kocok lepas sedikit garam, didadar hingga matang kedua sisinya tapi jangan sampai coklat.
  • 1 buah wortel ukuran besar, potong korek api sedikit garam, tumis dengan sedikit minyak goreng sampai agak layu. Beri garam.
  • Pokcoy/bayam, Blansir (blanch) pokcoy/bayam di air panas hingga layu dan warnanya cerah. Angkat, bilas dengan air dingin. Beri sedikit garam dan minyak wijen.
  • Manisan lobak kuning bentuk strip, tiriskan
    Gosari/pakis (bila menggunakan yg segar diblansir dulu, bila menggunakan yg kering direndam dulu, bila menggunakan yg pikel bilas dengan air dan peras).
Cara membuat:
1. Siapkan bahan isian selagi nasi dimasak.
2. Masak nasi dengan menggunakan air yang lebih sedikit jumlahnya dari memasak normal. Jangan lupa untuk memakai jenis beras yang pulen, bukan yang pera. Saya menggunakan beras Korea.
3. Setelah matang, angkat dan pindahkan ke wadah, aduk-aduk. Beri garam dan minyak wijen. Aduk sampai merata. Cicipi rasanya, sesuaikan dengan selera.
4. ambil bamboo mat, letakkan selembar kim/nori di atasnya (bagian yang mengkilat di bawah) dengan sisi yang lebih panjang searah gulungan.
5. Ratakan nasi di atas kim/nori dengan menggunakan sendok sambil sedikit ditekan-tekan.
6. Tata isian di atasnya, sisakan space di bagian yang dekat dengan kita untuk menutup isian saat pertama melipat gulungan. Tata isian bertumpuk agar tidak terlalu menghabiskan space.
7. Gulung dan kencangkan dengan bamboo mat agar nasi padat dan menempel dengan baik. Lakukan sampai semua bahan habis.
8. Poles permukaan kim/nori dengan minyak wijen, beri wijen sangrai sambil sedikit ditekan agar menempel. Potong-potong dengan pisau tajam yang dioles sedikit minyak/minyak wijen agar tidak lengket.
9. Siap disajikan atau dibawa untuk bekal.
Note:
– Gunakan beras yang pulen, jangan yang pera karena akan ‘bubar’ saat diroll dan dipotong. Saya pakai beras Korea yg memang dari tekstur pulen dan agak lengket. Kurangi sedikit jumlah pemakaian air dari biasanya. Paling bagus gunakan nasi yang baru matang.
– Isian bisa disesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan yang ada. Tidak perlu terpatok dengan resep ini.
Sumber : http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.co.id/2013/10/kimbap-korean-dried-seaweed-rice-rolls.html